Anak Tidak Suka Sayur dan Susah Makan? Ini Saran Ahli Gizi untuk Para Orang Tua

Sayuran dan buah merupakan sumber nutrisi bagi tubuh. Kekurangan vitamin karena anak tidak suka sayur tentu akan berdampak pada kesehatannya. Anak-anak diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran untuk mencukupi kebutuhan tubuhnya. Jangan sampai anak tumbuh dan berkembang tidak maksimal akibat kekurangan gizi. Oleh karena itu, tugas orang tua adalah untuk lebih kreatif dalam mengatasi anak yang susah untuk makan sayur.

Banyak terjadi anak tidak suka sayur, namun anak susah makan pun juga tidak kalah banyaknya. Menghadapi kedua hal tersebut bagi seorang Ibu seperti perjalanan panjang yang tak menemui ujung. Ada saja hal yang membuat anak susah makan. Entah menjadi pemilih dalam hal makan hingga anak hanya mau makan satu makanan yang itu-itu saja. Menurut ahli gizi asal Malaysia yang bernama Jowynna Yeo mengatakan 90 penelitian koresponden orang tua mengalami kesulitan dalam menyuruh anak makan sebanyak 66 persen. Angka yang tidak rendah dalam jumlah anak tidak suka sayur.

Mengatasi Anak Tidak Suka Sayur

Anak-anak lebih menyukai makan makanan tidak sehat seperti gula, cemilan manis seperti donat dan makanan cepat saji. Hal ini tidak baik untuk kesehatan jangka panjang anak. Karena anak bisa menderita diabetes dan obesitas. Gizi buruk akibat anak tidak suka makan sayur adalah yang paling menyedihkan untuk kaum Ibu.

Oleh sebab itu, para ahli menyarankan untuk menyiasati agar anak doyan sayur. Seperti membuat makanan dengan resep sehat. Membuat kue dengan bahan-bahan pengganti seperti kentang dan ubi. Campuran gula pun juga harus minim atau sedikit.

Berkreasi dengan resep sehat untuk anak adalah solusi terbaik. Membuat cemilan sehat dengan bahan dasar sayur-sayuran juga bisa dilakukan. Anak pasti akan lebih menyukai kreasi yang berbeda sehingga bisa melatihnya untuk menyukai sayuran dengan cara seperti itu.

Ajak anak untuk ikut serta dalam masak memasak agar menambah kedekatan, sehingga tidak susah untuk membujuk anak nantinya. Peran Ibu di dalam rumah memang harus ekstra, ditambah dalam menghadapi sikap anak yang mudah berubah-ubah. Orang tua harus menyiapkan strategi dalam menghadapi mood anak. Agar mudah untuk mendekati anak-anak.

Membentuk pola makan anak sejak dini dapat menjadi penentu kesehatan jangka panjang anak. Menerapkan pola makan sehat pada anak sejak kecil akan menjadi kebiasaan hingga anak dewasa. Anak tidak suka sayur merupakan kesalahan dalam mendidik anak sejak dini. Mendidik anak bukan hanya dalam hal belajar baca tulis saja, anak juga butuh untuk dididik untuk lebih mengenal dirinya, alam dan gaya hidup.

Pendidikan tentang pola makan shat juga bisa diberikan sejak dini. Itu sebabnya orang tua perlu bahas seputar mempersiapkan cara dan pola apa untuk mendidik anak sebelum anak lahir. Agar anak tumbuh dan berkembang dengan maksimal, lakukan yang terbaik untuk anak.