Mengapa Si Kecil Mimisan?

Apakah Anda pernah mengalami Epistaksis atau yang sering disebut dengan mimisan? Hampir semua orang pernah mengalaminya.Lantas, apakah sebenarnya mimisan itu? Apakah berbahaya bagi kesehatan?

Artikel berikut akan membahas tentang beberapa penyebab mimisan yang terjadi pada anak dan bagaimana cara mengobatinya.

Pertama, kita harus mengetahui terlebih dahulu definisi mimisan menurut para ahli, yaitu Kondisi medis dimana terjadi pendarahan dari lubang hidung. Hidung umumnya memiliki beberapa pembuluh darah dan ditutupi oleh selaput lendir.

Karena tipis, sehingga pembuluh darah mudah mengalami trauma. Mimisan biasanya menimpa anak-anak, ini terjadi karena pembuluh darah di hidung anak-anak lebih rapuh dan mudah pecah.

Penyebab Terjadinya Mimisan

Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya mimisan pada anak, diantaranya yaitu :

  1. Suhu udara ekstrem

Suhu udara yang ekstrem akan mempengaruhi kesehatan, dikarenakan perubahan suhu yang tidak menentu, maka akan terdapat berbagai macam virus dan bakteri yang menyerah siste kekebalan tubuh, dikarenakan anak-anak mengalami infeksi saluran pernapasan, mereka akkan menyeka hidung terlalu kuat ketika terdapat ingus, hal ini menyebabkan pecahnya selaput darah pada hidung yang masih lemah.

  1. Mengorek lubang hidung

Kebiasaan anak mengorek lubang hidung terkadang menjadi penyebab terjadinya mimisan, dikarenakan selaput darah pada hidung terkena kuku yang tajam atau gesekan jari yang menyebabkan pembuluh darah tersebut terluka dan berdarah.

  1. Hidung terbentur atau terpukul benda keras

Penyebab mimisan selanjutnya adalah karena hidung terbentur atau terpukul benda keras. Hal tersebut mengakibatkan adanya cidera pada hidung yang menyebabkan selaput darah pecah dan hidung akan mengalami pendarahan.

  1. Kelelahan

Penyebab mimisan selanjutnya juga bisa akibat kelelahan. Hal tersebut dikarenakan pembuluh darah yang lemah akan mudah pecah.

Mimisan dapat dibagi ke dalam dua jenis berdasarkan dari mana perdarahan tersebut berasal, yaitu anterior dan posterior.

  1. Mimisan Anterior biasanya berasal dari perdarahan yang terjadi di pembuluh darah bagian depan hidung. Jenis mimisan inilah yang sering terjadi pada anak-anak dan paling mudah untuk dilakukan penanganan awal.
  2. Mimisan Posterior adalah mimisan yang terjadi karena perdarahan di pembuluh darah bagian belakang hidung. Janis mimisan ini sering terjadi pada orang lanjut usia, dan membutuhkan menanganan yang lebih serius.

Lantas, Bagaimana Cara Menangani Anak yang Mengalami Mimisan?

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah penanganan awal jika terjadi mimisan pada anak :

  • Tenangkan anak terlebih dahulu sebelum memulai penanganan.
  • Posisikan kepala anak menunduk agar darah dapat keluar melalui hidung atau mulut.
  • Tutup hidung menggunakan tisu atau lap bersih dengan cara menekan bagian hidung yang lunak.
  • Kompres hidung anak menggunakan kain yang sudah direndam air dingin. Lalu tekan dengan sedikit lebih kuat.
  • Ulangi langkah tersebut jika pendarahan belum berhenti.

Anda perlu membawa anak segera ke rumah sakit jika:

  • Sudah melakukan pertolongan pertama namun darah masih keluar dari hidung.
  • Anak tampak lemas dan pucat.
  • Terlalu banyak darah yang dikeluarkan anak